SOSIALISASI PENERBITAN SURAT PERINTAH PENCAIRAN DANA (SP2D) SECARA ONLINE DALAM APLIKASI SIMDA KEUANGAN

Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah sebagai perwujudan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel, Pemerintah Kota Bekasi melakukan kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Jawa Barat dan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk., Cabang Bekasi dalam pengembangan aplikasi sistem SP2D Online yang terintegrasi dengan Aplikasi SIMDA Keuangan. Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama dilakukan pada tanggal 30 September 2019.

Sebagai langkah awal pengimplementasian aplikasi SP2D Online di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah melakukan sosialisasi kepada para Pejabat Penatausahaan Keuangan SKPD (PPK SKPD) dan Bendahara Pengeluaran dari 47 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dengan narasumber dari BPKP Perwakilan Jawa Barat dan Bank BJB Cabang Bekasi.

Gambar 1.1 suasana pada saat sosialisasi

Aplikasi SP2D Online merupakan aplikasi layanan perbankan untuk memperlancar pelaksanaan transaksi pencairan SP2D. SP2D Online dapat mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke rekening tujuan (rekening Perangkat Daerah dan Pihak Ketiga) di bank dengan konsep Real Time Online. Melalui penggunaan aplikasi sistem SP2D Online yang terintegrasi dengan Aplikasi SIMDA Keuangan diharapkan proses pencairan SP2D akan lebih cepat, akurat dan valid tanpa harus melakukan proses double input pada dua aplikasi yang berbeda.

Manfaat SP2D Online adalah : Pencairan SP2D dapat dilakukan tepat waktu (tanpa harus dikirim ke bank terlebih dahulu; Mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D yang dikarenakan adanya kesalahan nomor rekening atau nama rekening tujuan; Pemerintah Daerah dapat memantau kondisi keuangan Kas Daerah terkini melalui rekening koran setiap waktu (Real Time); Monitoring terhadap Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) di bank dapat dilakukan secara online dari kantor sub bagian kas daerah pada Badan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah Kota Bekasi.

Dengan ditrerapkannya aplikasi SP2D Online, para pengelola keuangan di seluruh perangkat daerah yang ada pada Pemerintah Kota Bekasi harus meningkatkan ketelitian dalam proses verifikasi dan penginputan nama penerima, nomor rekening penerima, nomor pokok wajib pajak (NPWP) penerima dan jenis potongan pajak dalam proses pembuatan SPP dan SPM pada aplikasi Simda Keuangan .

Post Focus